Sunday, 31 March 2013

Trip to Trans Studio Bandung

Hello, it's me again! hehe posting kali ini masih bercerita tentang jalan-jalan (lagi) tapi kali ini bukan perjalanan wisata alam, melainkan wisata seru-seruan, yaitu Trans Studio Bandung (TSB). Denger-denger sih TSB ini theme park indoor terbesar di Asia Tenggara (barengan Trans Studio Makassar sepertinya). Sebagai backpacker, gw dan teman-teman pun kesana naik angkutan umum biasa, nggak pake travel (bilang aja mau irit sih...hehe). Janjian di Ps. Rebo jam 6.30 pagi tapi akhirnya baru naik bis sekitar 1 jam kemudian. Saat itu satu-satunya bis jurusan Bandung yang lewat adalah Bis Executive Primajasa jurusan Lb.Bulus-Bandung (Lw. Panjang) dan terpaksa deh kita keluar ongkos Rp50.000 >.<. Sampai di Terminal Lw.Panjang Bandung sekitar jam 10.00 pagi dan langsung cari-cari angkot ke TSB. Sempet ditawari mobil carteran range harga Rp40.000an tapi kita tetep pilih naik angkot, cuma 2x naik angkot kok. Angkot 05 merah lalu turun di belokan setelah lampu merah keempat (nggak ngerti nama daerahnya apa...hehe) lalu lanjut naik angkot merah dan bilang aja turun di BSM (Bandung Super Mall), ongkosnya kira-kira Rp6.000 udah bisa sampai ke TSB. Eh lupa jelasin kalo Trans Studio Bdg itu satu kompleks sama BSM yang sekarang udah ganti nama jadi TSM (Trans Studio Mall).


Jadi ceritanya ada promo hemat dari TSB selama bulan Maret 2013, yaitu orang yang berulangtahun di bulan Maret bisa gratis tiket masuk asalkan membawa satu orang teman. Rombongan gw ada 3 orang yang ultah di bulan Maret jadi harus bawa 3 orang lagi (termasuk gw) untuk bisa share tiket masuk.
Normalnya, tiket masuk selama weekdays Rp150.000 dan weekend Rp200.000 plus kalo nggak mau ribet dan capek antri ke wahana di dalamnya bisa membayar biaya tambahan sebesar Rp200.000 untuk bisa dapet gelang penanda VIP Access. Oia kemarin ada tambahan Rp20.000 lagi sih untuk tiketnya tapi nggak ada yang perhatiin mbak tiket dan pak satpam jelasin untuk apa biaya tambahannya itu, mungkin untuk pajak kali ya...hehe.
cewe berjilbab di sebelah kanan itu temen gw yang ultah

Sebelum mulai berpetualang di dalamnya, mampir dulu ke bagian informasi untuk ambil peta panduan trus ke bagian top up alias isi ulang tiket karena nantinya kalo mau beli suvenir atau beli cemilan dan makanan nggak bisa pakai uang asli, tapi nanti bisa di refund kalo ada sisa. Oia, di TSB nggak diperbolehkan bawa makanan-minuman dari luar, tapi kemarin sih gw bawa air minum di dalam botol tupperware dan boleh masuk.


TSB terbagi menjadi 3 bagian utama, Studio Central, Lost City, dan Magic Corner dengan total 20 wahana di dalamnya.


Di tiap bagian utama ini ada wahana yang merepresentasikan tema besarnya *halah ribet*. Nah, berikut wahana yang ada di TSB:


1. Yamaha Racing Coaster

Dari luar TSB pun udah keliatan lintasannya. Kabarnya jet coaster super cepat ini (120 km/jam dalam waktu 3,5 detik!) cuma ada 3 di dunia, 2 di USA, 1 di TSB... kereeen tapi gw nggak sempet coba karena udah masuk jam istirahat (barengan sama parade).

2. Vertigo
Kalo udah pernah coba wahana Kicir-Kicir di Dufan, Vertigo ini sama seperti wahana itu, cuma beda sensasi di dalam vs luar ruangan aja sih tapi tetep bisa bikin teriak-teriak :p (ps: temen gw, dije, ketakutan parah padahal udah nyampe di antrian paling depan...haha).


3. Trans Car Racing
Wahana ini cuma sempet dinaiki sama temen gw (gw dkk main yang lain hehe) dan katanya sih oke juga buat yang suka kebut-kebutan tanpa repot nyetir yang baik karena udah ada lintasannya jadi walopun belokin setir ke kanan tapi lintasan ke kiri, tetep ke kiri deh.

4. Giant Swing
Sayang beribu sayang saat gw kesana wahana ini sedang dalam masa perbaikan, padahal seru juga tuh diayun-ayun nyaris 90 derajat dan kursinya pun bisa diputar 360 derajat pula.

5. Si Bolang The Rides

Gak ngerti 


6. Trans Broadcast Museum
Isinya behind the scene program-program di TransTV & Trans7 macam. Kalo ada yang mau coba jadi presenter Insert boleh banget mampir, nanti performnya bisa disimpen di dalam CD trus dibawa pulang deh (bayar Rp50.000 kalo nggak salah).

7. Science Center

Mirip-mirip Museum PP IPTEK TMII dalam versi kecil tapi interiornya lebih bagus sih..hehehe. Tempat ini penuh sama anak-anak kecil hingga siswa SMA yang lagi study tour or field trip or whatever the name is, jadi siap-siap penuh dan berisik ya :D


8. Trans City Theatre 

Diklaim sebagai broadway-nya Indonesia, pertunjukan akting-nari-nyanyi tapi gw pun telat liat pertunjukkannya yang biasa mulai jam 12.30.



9. Dunia Anak 

 Isinya cocok banget buat anak-anak (iyalah dari namanya aja udah tahu). Ada wahana mini bumper car, tea cup, jump around, bumper boat, mini train, dan carousel di dalamnya.

10. Sky Pirates
Begitu masuk ke TSB pasti langsung lihat "kapal perompak" di dalam TSB. Satu kapal kapasitasnya 8 orang dan dengan naik ini bisa liat sekeliling TSB.

11. Jelajah The Rides
 Hmm di Dufan, wahana ini seperti Niagara-gara. Jadi kita akan naik kapal lalu "dijatuhkan" dari air terjun. Bedanya di sini kita dijatuhkan 2x, satu kali dijatuhkan dari dalam pesawat yang nggak terlalu tinggi, lalu 1x lagi dari air terjun setinggi 13 meter.

12. Kong Climb
Pendakian dinding yang sepertinya seru tapi karena mayoritas yang ada di wahana ini adalah anak-anak jadi agak malu juga mau coba hehe.

13. Pulau Liliput
Tempat bermain tematik yang memang didesain khusus untuk anak-anak.

14. Negeri Raksasa
Ceritanya sih kita akan mengunjungi istana tempat kediamaan raksasa di atas awan yang siap menjatuhkan kita dari puncak menara. Mirip wahana Histeria di Dufan, lebih pendek tapi durasi "digantungin" di ketinggiannya lebih lama. Antri lumayan lama, lalu tiba-tiba di saat udah siap duduk di wahananya, Almas mendadak nggak mau ikutan, langsung aja gw tarik dia buat duduk dan akhirnya dia malah ketagihan.

15. Dunia Lain
Kita akan naik kereta menyusuri lintasan yang di kanan dan kirinya berisi legenda misteri Bandung. Awalnya takut sih tapi ternyata nggak seseram yang dibayangin *sok berani*.




16. Captain Blackheart Pirate Ship
Tempat main anak-anak juga nih. Katanya sih area softplay tematik terbesar se-Asia Tenggara. Ada empat lantai tapi nggak tau juga dalamnya ada apa aja.

17. Dragon Rides
Gw dan teman-teman yakin banget operatornya ngerjain kita karena naganya loncat lebih tinggi daripada sebelumnya, memang kita agak menganggap remeh sih sebelum naik dan mungkin sang operator melihat gelagat sombong kita itu...haahaha. Lumayan lah untuk ketawa-ketawa saat naik ini :p

18. Special Effect Actions
Satu lagi wahana yang gw sesali nggak sempat dikunjungi karena hanya dibuka pukul 15.30. Isinya rahasia dibalik layar pembuatan film action seperti spesial efek ledakan dan semacamnya lah.

19. MARVEL Superheroes 4D
Simulator 4D pertama di Indonesia, dari namanya udah ketebak kan isinya pasti tokoh-tokoh Marvel. Sepertinya menarik sih tapi kemarin nggak sempet juga masuk ke dalamnya

20. Amphitheatre
Pertunjukan kelas dunia dengan desain spektakuler dan ada efek spesialnya juga. Letaknya di tengah-tengah ruangan dan dalam sehari ada 2x pertunjukan plus 1x parade di sore hari.

Well, totally gw sudah mengunjungi 8 wahana di TSB. Banyak rombongan anak sekolah jadi sabar aja antri di wahananya...hehe. Makanan disana agak-agak menguras voucher top-up juga sih, makan siang ala fastfood sekitar Rp31.000 (dan yang paling irit sepertinya). Cemilannya juga rada mahal, popcorn ukuran large (large dalam definisi TSB) harganya Rp35.000 dong ya T____T

Nasi-Ayam-Softdrink
popcorn
Tempat ini memang lebih cocok untuk jalan-jalan keluarga sih tapi boleh juga dicoba wahana menantangnya bareng temen-temen. Anyway, gw bener-bener keluar dari kawasan TSB sekitar abis maghrib dan sempet belanja dulu di terminal sebelum cari bis ke Jakarta. Bis untuk pulang kali ini beda dengan bis berangkat, tarifnya cuma Rp35.000 (seat 2-3) dan ngetem lumayan lamaaaaaaaa sampai akhirnya jam 20.30 berangkat juga dengan tujuan Kp. Rambutan. Sampai di Jakarta pasti malam banget, akhirnya 3 orang temen gw nginep di rumah karena rumah mereka jauh-jauh plus gw dijemput juga sama bokap di depan terminal jadi lebih aman deh.
Sekian postingan kali ini, sampai bertemu di postingan selanjutnya yang semoga isinya nggak hanya cerita jalan-jalan yang bikin mupeng pembaca ya...hehehe



2 comments:

Anggit Jakhi said...

makasiiih info tentang trans studio nya, hehe. .
boleh tau info angkotnya? angkot nomer berapa aja gt? :w:

Mochamad Ali mulyana said...

Jadi pengen jalan-jalan lagi ke Trans Studio Bandung nih, seru banget disana.. apalagi bareng teman-teman, bener gak om?

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g:
:h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r: :s: :t: :u: :v: :w: :x: :y: :z:

Post a Comment