Monday 16 August 2010

I'm Very Proud to be Indonesian

hari ini tanggal 16 Agustus, berarti besok tanggal 17 Agustus, which means, Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-65. udah tua ya? tapi masih banyak yang perlu dibenahi untuk Indonesia kita tercinta ini. terlepas dari segala kekurangan yang banyak dibicarakan orang-orang di luar sana tentang negara ini, gw hanya ingin sharing betapa gw amat sangat mencintai Indonesia.
eh tapi sebelumnya, liat dulu gambar yang gw bikin untuk menyambut 17 Agustus dulu ya! ^^
ditengah angka 65 ada sebaik puisi yang gw ambil dari seseorang bernama Husni Djamaluddin, terimakasih mas! #sokkenal

besok pagi pasti ada yang sibuk ikut upacara di sekolah/kantor pemerintahan, dan gw kangen ikut upacara seperti itu. terakhir kali upacara udah 2 tahun yang lalu, di Rotunda UI. waktu masih sekolah, selalu males-malesan kalo harus upacara. tapi sekarang malah kangen banget melakukan penghormatan ke bendera merah-putih sambil nyanyiin Indonesia Raya.
Indonesia. sepanjang tahun disinari matahari membuat negeri ini memiliki berbagai jenis flora-fauna yang gak bisa didapatkan di negara lain. mungkin ada segelintir orang yang mengharapkan Indonesia punya 4 musim seperti di negara lain. tapi serius, hanya punya 2 musim lebih menguntungkan loh. kita bisa lebih produktif karena gak terbentur salju menggunung atau panas yang menyengat.
wilayah Indonesia yang terbentang dari Sabang (NAD) hingga Merauke (Papua) menjadikan kita memiliki keanekaragaman suku, budaya, dan bahasa yang luar biasa banyaknya. negara mana di dunia ini yang memiliki beratus-ratus suku dan bisa hidup berdampingan satu sama lain?. negara mana di dunia ini yang memiliki total 583 bahasa tapi bisa disatukan dengan bahasa Indonesia?. negara mana di dunia ini yang mayoritas penduduknya beragama islam tapi ideologi bangsanya bukan syari'at Islam melainkan Pancasila?.
letaknya yang diapit oleh dua samudera (Pasifik dan Hindia) membuat kekayaan bahari Indonesia sangat mengagumkan dan belum tentu dimiliki negara lain. hutan hujan tropis Indonesia juga menjadi "paru-paru" dunia saking banyaknya flora yang ada di dalamnya(walopun mulai berkurang akibat cukong-cukong kurang ajar yang ngebabat hutan kita secara ilegal).
well, masih banyaaaaaaaaaaakk banget keindahan di bumi Indonesia yang gak habis diceritain disini. yang pasti, gw sangat bangga dilahirin dan besar di Indonesia. banyak orang luar negeri yang tertarik mempelajari budaya kita, kenapa kita gak mau?.
entah sejak kapan gw menjadi se-nasionalis ini (bukan berarti dulu gak nasionalis loh ya). sekarang, setiap ada kesempatan untuk nyanyiin lagu Indonesia Raya, gw pasti akan menyanyikannya dengan sepenuh hati walopun dengan pitch control ngaco. dan gw pasti terharu kalo nonton kisah-kisah putra-putri Indonesia yang berjuang mengharumkan nama Indonesia di luar negeri, apapun eventnya (olahraga, musik, tarian, olimpiade ilmiah, dll). ada satu e-book yang sukses membuat gw senyum-miris-sedih-nangis-merinding pas gw baca. judulnya Nasional.Is.Me yang ditulis sama bang Pandji Pragiwaksono, salah satu penggagas gerakan IndonesiaUnite. recommended book deh.

sudah larut malam dan saya mengantuk. selamat malam Indonesia ku tercinta!!!

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g:
:h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r: :s: :t: :u: :v: :w: :x: :y: :z:

Post a Comment