Saturday 8 May 2010

Bhopal Disaster

Tragedi gas Bhopal di India atau Bhopal Gas Tragedy, yang juga dikenal dengan Union Carbide tragedy, telah terjadi 25 tahun yang lalu, tepatnya terjadi pada tanggal 3 Desember 1984. Diperkirakan 10.000 orang lebih telah tewas karena menghirup gas beracun methyl isocyanate.

Banyak orang yang menghirup udara yang sangat beracun pada malam itu mengalami kematian yang mengerikan dengan kegagalan beberapa organ. Mereka yang selamat pun menderita beberapa penyakit selama 25 tahun. Sebuah laporan dari Departemen Relief Tragedi Gas Negara mengatakan bahwa tingkat morbiditas (kejadian penyakit) adalah hampir 20% di antara orang yang terkena dampak gas dibandingkan dengan sekitar 5% di kalangan penduduk yang tidak terpengaruh.

Berdasarkan keterangan yang dipublikasikan di wikipedia.org, ada beberapa faktor penyebab yang memungkinkan kecelakaan di pabrik milik Union Carbide ini terjadi. Faktor-faktor tersebut antara lain:
  • Penggunaan bahan kimia berbahaya atau B3, dalam hal ini methyl isocyanate, menggantikan bahan kimia yang kurang berbahaya, karena alasan biaya produksi.
  • Menyimpan bahan kimia berbahaya (methyl isocyanate) dalam jumlah yang besar di dalam tanki, bukan dalam drum ukuran 200 liter.
  • Adanya pipa yang sudah terkorosi tetapi masih dioperasikan.
  • Program maintenance peralatan pabrik yang buruk, setelah pabrik berhenti beroperasi pada tahun 80-an.
  • Kegagalan beberapa sistem keselamatan pabrik karena program perawatan yang buruk.
  • Penonaktifan beberapa peralatan keselamatan karena alasan biaya, termasuk sistem refrigerasi (pendingin) untuk methyl isocyanate, yang sebenarnya dapat mencegah terjadinya tragedi ini.
Setelah bencana, ada kecaman dari dunia internasional untuk bantuan bagi para korban dan menghukum mereka yang bertanggung jawab atas kebocoran gas. Pabrik pestisida yang mengalami kebocoran gas merupakan milik Union Carbide India, sebuah anak perusahaan dari Union Carbide yang berbasis di Amerika Serikat. Mereka diminta untuk membayar kompensasi dan mengatur perawatan medis untuk korban.

Pada bulan Februari 1989, Mahkamah Agung mengumumkan menyetujui rencana pembangunan sebuah pemukiman bagi para korban Bhopal dan Union Carbide setuju untuk membayar Rs 713 crore untuk kompensasi kepada korban, sementara pemerintah sepakat untuk mencabut semua kasus pidana terhadap itu. Namun, karena tekanan publik yang intens dan kemarahan karena membiarkan penjahat tersebut bebas, pengadilan setuju untuk membuka kembali kasus-kasus kriminal pada tahun 1991. Dua kali angsuran kompensasi - hingga Rs setiap 25.000 - telah diberikan sampai saat ini untuk korban luka, satu pada tahun 1994 dan berikutnya pada tahun 2004.

Gejala akut terbakar di saluran pernafasan dan mata, blefarospasme, sesak nafas, sakit perut dan muntah-muntah. Penyebab kematian tersedak, runtuh reflexogeniccirculatory dan edema paru. Temuan selama autopsi menunjukkan perubahan tidak hanya di paru-paru tetapi juga edema serebral, nekrosis tubular ginjal, degenerasi lemak hati dan enteritis necrotising. Tingkat kelahiran mati meningkat hingga 300% dan angka kematian bayi sebesar 200%.


Dampak lain dari tragedi yang sedang berlangsung dari Bhopal adalah limbah kimia beracun tergeletak di tempat ditinggalkan pabrik pestisida. Beberapa komite sempat memeriksa dan menemukan 44.000 kg residu gas beracun dan 25.000 kg naphthol alpha berbaring di tempat terbuka sejak tahun 1984. Berbagai penelitian telah menetapkan bahwa tanah, air tanah, sayuran dan bahkan air susu ibu memiliki jejak-jejak bahan kimia beracun.


Melihat dampak dari tragedi tersebut, sudah seharusnya kita menjadikan itu sebagai pelajaran agar dapat mencegah kejadian tersebut terulang kembali di masa mendatang.

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g:
:h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r: :s: :t: :u: :v: :w: :x: :y: :z:

Post a Comment