Sunday, 21 February 2010

Fakta seputar Menguap


Menguap merupakan rutinitas seseorang yang sedang mengantuk karena kelelahan atau pun bosan akan suatu hal. menguap akan sangat mengganggu ketika terjadi saat sedang presentasi, membawakan suatu acara (MC), dalam forum diskusi, atau pun ketika sedang berinteraksi dengan orang lain. Menguap dapat membuyarkan konsentrasi pada pekerjaan yang sedang dilakukan dan dapat membuat orang lain tersinggung apalagi bila lawan bicaranya menguap secara terus menerus. tapi sepertinya paling sering menguap saat di kelas lagi mengikuti satu mata kuliah...hehe. berikut ini beberapa fakta dibalik menguap, check it out!

Seseorang yang menguap berarti kondisi otaknya sedang panas. Seperti layaknya sebuah komputer, otak bisa bekerja secara maksimal jika dalam suhu normal dan akan melakukan reaksi (bisa berupa perintah pada organ tubuh untuk melakukan gerakan) untuk mengembalikan suhu otak kembali kekeadaan semula atau mendinginkan otak.

Menguap sangat penting bagi kesehatan karena dapat meningkatkan suplai oksigen ke dalam otak melalui paru- paru. Fungsi menguap bisa dianalogikan seperti peregangan otot atau pemanasan sebelum melakukan olahraga yaitu untuk memperlancar aliran darah dan detak jantung. Dari segi kedokteran menyebutkan bahwa menguap terjadi karena kadar oksigen di paru- paru yang rendah. Gelembung alveoli yang terdapat di dalam paru- paru akan mengempis jika tidak mendapat cukup oksigen. Akibatnya paru-paru akan sedikit mengejang sehingga otak akan memerintahkan bagian tubuh lain untuk mengisi paru- paru dengan oksigen, salah satunya dengan cara menguap.

Menguap ternyata memang dapat menular. Kata Steven Platek Ph.D., seorang profesor psikologi di Universitas Drexel, Philadelpia, meyakini bahwa ketularan menguap adalah cara primitif yang ditunjukkan oleh orang lain untuk mengekspresikan empatinya. Katanya, “Menguap tidak hanya dipicu karena melihat seseorang menguap, tetapi juga karena mendengar, membaca, atau bahkan hanya karena berpikir tentang menguap.”

Sering menguap itu bisa jadi tanda ada yang tidak beres dengan tubuh. Menguap adalah hal biasa dan wajar, tapi jangan disepelekan ketika intensitasnya dirasa sudah melampaui batas normal karena ini bias jadi merupakan alarm tubuh atas ketidak beresan yang terjadi dalam tubuh, baik yang ringan sampai yang parah. Ketidakberesan tubuh yang ditandai dengan sering menguap di antaranya sebagai berikut.

  • Menderita penyakit saraf, seperti Multiple Sclerosis dan Amyotropic Lateral Sclerosis
  • Menderita darah rendah dengan tekanan darah 90/60 mmHg. Orang yang memiliki tensi darah yang rendah biasanya sering menguap, cepat pusing dan lelah.
  • Sebagai akibat dari mengonsumsi obat-obatan tertentu.
  • Mengonsumsi anti depresan.
  • Kelelahan yang teramat sangat.

mulai sekarang, jangan meremehkan menguap ya karena bisa aja itu tanda-tanda adanya ketidakberesan pada tubuh seperti tulisan di atas... keep healthy, guys!

3 comments:

Putri Viona said...

aduh bayinya lucu abibez :n:

sifa fauzia said...

makasiii *loh? :h:

gaohui said...

Bali is another organization that ed hardy Hats are known for their functional yet ed hardy Caps beautiful bras. Founded by Sara ed hardy Hats Stein in 1927.The Wonderbra manufactured by buy ed hardy the Sara Lee Corporation, is a push-up bra that was a sensation during its time. It was a big Ed Hardy Sale success and drew enormous amounts of interest. It was designed to Ed Hardy Swimwear make the bust appear larger, thus enhancing a Ed Hardy Swimwear womans cleavage.Here are more resource articles on cheap plus ed hardy swimsuits size evening gowns and plus size clothing for women.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g:
:h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r: :s: :t: :u: :v: :w: :x: :y: :z:

Post a Comment