Thursday 4 February 2010

kanker, siapa takut?

mungkin gak banyak orang yang tahu kalau hari ini, 4 Februari merupakan Hari Kanker Sedunia. menurut data WHO, diperkirakan sekitar 84 juta orang akan meninggal karena kanker selama periode tahun 2005-2015. di Indonesia aja menurut Depkes, ada peningkatan angka kasus kematian karena kanker dari 3,4% (1980) menjadi 6% (2001). dan tiga besar penyebab kematian adalah kanker peyudara, kanker leher rahim, dan kanker hati. waaw, gak mengherankan yah kalau WHO dan Depkes sangat menaruh perhatian khusus terhadap penyakit ini.

sesuai kompetensi gw sebagai mahasiswi fakultas kesehatan masyarakat-yg-selalu-membawa-tagline "mencegah lebih baik daripada mengobati" so, tulisan kali ini gw mencoba untuk sharing cara-cara mudah mencegah kanker sedini mungkin. ya, bukan gak mungkin kalau kanker bisa dicegah, bahkan WHO meluncurkan tema "Cancer can be prevented too" untuk kegiatan kampanye kesehatan tahun ini karena menurut penelitian, sebanyak 40% kanker berpotensi untuk dicegah.
sebenernya pencegahan kanker bisa dilakukan dengan cara sederhana dan gampang banget buat diterapkan di kehidupan sehari-hari. nih, beberapa contohnya:
  • stop merokok!!! seriously guys, di dalam rokok itu banyak banget zat-zat yang berbahaya bagi tubuh (sekitar 4000an bahah kimiawi). gak mau kan paru-paru kalian perlahan akan bolong karena digerogotin sama zat beracun itu?.
  • usahakan hindari asap rokok. udah tahu kan kalau perokok pasif itu lebih berpotensi terserang penyakit paru, jantung, kanker, dan penyakit mematikan lainnya hanya karena dikelilingi perokok dan "terpaksa" menghirup asap mematikan itu. menurut penelitian, perokok pasif akan meninggal lebih cepat daripada orang yang hidup dengan udara bersih dan angka kematiannya meningkat 15% lebih tinggi.
  • jaga pola makan seimbang dan perbanyak konsumsi sayur serta buah-buah. tips ini gak hanya bisa mencegah kanker aja loh, tapi bisa mencegah semua penyakit degeneratif yang berkembang di dunia.
  • jauhi minuman beralkohol atau kurangi konsumsinya
  • batasi paparan sinar matahari yang berlebihan tanpa menggunakan alat pelindung. sejauh ini, diketahui bahwa sinar uv A merupakan sinar ultraviolet yang paling berbahaya dan bisa menyebabkan kanker bahkan merusak retina juga.
  • olahraga teratur, minimal 30 menit selama lima hari dalam seminggu. huufffhhh, tips yang satu ini memang susah banget dilakuin tapi insya Allah bisa kok kalau udah ada niat dalam hati *hehe sotoy
  • lindungi diri dari infeksi penyebab kanker.
gimanaaa?. tips-tips di atas mudah diaplikasikan ke kehidupan masing-masing kan?. so, mulai dari sekarang ubah pola hidup menjadi lebih sehat dan berani teriakkan kata-kata "kanker, siapa takut?" ^^
oia, gw mau tampilin foto dari aksi mencegah kanker serviks yang dilakuin sama kesmas 2008 beberapa bulan yang lalu di bundaran HI... here they are:






source: berbagai sumber terpercaya ^^

2 comments:

soraya ucha farisa said...

numpang ngeksis

sifa fauzia said...

mohon maaf, itu artikel udah rada ilmiah gw bikin kenapa komen lo begitu doank??? ckckck

btw, thx udah mampir

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g:
:h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r: :s: :t: :u: :v: :w: :x: :y: :z:

Post a Comment